1.
Sebutkan dan jelaskan properti sistem
yang memberikan keamanan untuk sebuah sistem!
·
Integritas,
system akan mempunyai integritas bila ia berjalan menurut spesifikasinya.
Perancang system berusaha untuk mengembangkan system yang mempunyai integritas
fungsional, yaitu kemampuan untuk melanjutkan operasi, apabila salah satu atau
lebih dari komponennya tidak berjalan.
· Audibilitas,
ia akan bersifat audible jika ia memiliki visibilitas dan accountability (daya
perhitungan). Bila system memiliki audibilitas maka mudah bagi seseorang untuk
memeriksa, memverifikasi atau menunjukkan penampilannya.
·
Daya kontrol,
daya kontrol memungkinan manajer untuk menangani pengerahan atau penghambatan
pengaruh terhadap system. Teknik yang efektif untuk mendapatkan daya kontrol
system ini adalah dengan membagi system menjadi subsistem yang menangani
transaksi secara terpisah.
2.
Komputer yang ada dalam jaringan
memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar dari pada komputer yang ada
di dalam ruangan. Sebutkan dan jelaskan area control untuk komunikasi data!
Komunikasi Data (Data Communication)
Komputer yang ada dalam jaringan
memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar dari pada komputer yang ada
didalam suatu ruangan.
Area kontrol ini terdiri dari:
·
Kontrol
pengiriman pesan.
·
Kontrol
saluran (channel) komunikasi.
·
Kontrol
penerimaan pesan.
·
Rencana
pengamanan datacom secara menyeluruh.
3.
Prototype dapat memberikan ide bagi
pembuat dan pemakai potensial tentang cara sistem berfungsi dalam bentuk
lengkapnya. Proses akan menghasilkan prototype (prototyping). Sebutkan dan
jelaskan jenis-jenis prototype!
Prototype jenis 1 :
·
Mengidentifikasi
kebutuhan pemakai.
·
Mengembangkan
prototipe.
·
Menentukan
apakah prototipe dapat diterima.
·
Menggunakan
prototipe.
Prototype jenis 2 :
·
Mengkodekan
sistem operasional.
·
Menguji
sistem operasional.
·
Menentukan
jika sistem operasional dapat diterima.
·
Menggunakan
sistem operasional.
4.
Sebutkan dan jelaskan sumber daya
informasi perusahaan!
·
HARDWARE (PERANGKAT KERAS)
Hardware merupakan element dari sistem computer. Merupakan
perangkat yang dapat lihat dan dapat sentuh secara fisik, seperti perangkat
masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
·
SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
Merupakan sekumpulan perintah yang dijalankan (atau
dieskusi) oleh komputer. Program komputer ini terdiri dari susunan logika untuk
menjalankan suatu pekerjaan tertentu di komputer. Melibatkan berbagai komponen
dalam computer, seperti system operasi, program, dan data yang disimpan atau
dibaca. Logika yang ada dalam perangkat lunak tersebut disusun sedemikian rupa
sehingga computer dapat memahami dan menjalankan instruksi yang terkandung
didalamnya.
·
SPESIALIS INFORMASI
Spesialisasi informasi (information specialist) untuk
mengambarkan pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab
mengembangkan dan memelihara system berbasis komputer.
·
PEMAKAI (MANUSIA)
End user sinonim dengan pemakai, ia menggunakan produk akhir
suatu sistem berbasis komputer. Jadi, end-user computing (EUC) adalah
pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh para pemakai.
·
FASILITAS (MESIN)
Fasilitas merupakan sumber daya untuk menyimpan dan
mendukung sisem informasi, contohnya teknologi informasi. Dengan menggunakan
fasilitas yang ada untuk menyimpan dan mendukung sumber daya tersebut.
·
DATABASE
Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data
yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di
perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak.
Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan
batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan salah
satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam
menyediakan informasi pada para pengguna atau user.
·
INFORMASI
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih
berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Data adalah kenyataan yang
menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata. Atau data adalah
representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai,
mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dll, yang direkam
dalam bentuk angka, huruf, symbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.
5.
Sebutkan dan jelaskan 6 tahap dasar
untuk mencapai manajemen mutu!
·
Mengidentifikasikan
pelanggan IS.
·
Menentukan
kebutuhan kualitas.
·
Menetapkan
metrik kualitas.
·
Menentukan
strategi kualitas IS.
·
Menerapkan
program kualitas IS.
·
Memantau
kinerja kualitas IS.
Referensi
:
http://dhie202.blogspot.com/2014/01/sistem-informasi-manajemen-iv.htmlhttp://aidinafauzia.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar